Tuesday 19 January 2016

Foto-Foto I Wayan Sutawan Iron Man Indonesia

Foto-Foto I Wayan Sutawan Iron Man Indonesia. Dunia sedang dihebohkan dengan berita adanya The Real Iron Man yang berasal dari Bali, Indonesia. Dia Bernama I Wayan Sumardana atau Tawan yang berdomisili di Desa Nyuhtebel, Karangasem Bali. Profesi beliau sehari-hari adalah sebagai tukang las di workshopnya. Beliau berhasil menciptakan sendiri tangan / lengan robot untuk tangan kirinya sendiri yang mampu membantu pekerjaannya sehari-hari karena mengalami struk sebelah.

Menurut Johannes P. Christa (Tempo), cerita berawal pada 6 bulan yang lalu tangan kiri Tawan mengalami kelumpuhan. Bermodalkan kepiawaiannya beliau membuat sendiri lengan robotnya dari barang-barang bekas yang ada di workshopnya mulai dari barang elektronik, komputer, dinamo maupun bagian-bagian dari sepeda motor.

Menurut Tawan Robot tangan buatannya itu digerakkan oleh signal dari otaknya diteruskan melalui chip dan rangkaian elektronik yang melingkar di kepalanya. Berikutnya chip akan menggerakkan gear-gear yang saling terhubung pada lengan persendian sehingga sangat membantu tangannya yang lumpuh untuk bekerja.

Oleh warga sekitar, Tawan sering dijuluki Manusia Robot karena kepandaiannya dalam memperbaiki perabot rumah tangga, barang-barang elektronik, maupun kendaran seperti sepeda motor. Robot ini beliau selesaikan dalam waktu 2 bulan dan akan terus disempurnakan.

Berikut foto-foto I Wayan Sumardana / Tawan dengan Tangan Robotnya ala Iron Man Indonesia

Foto I Wayan Sutawan Iron Man Indonesia
Foto I Wayan Sumardana alias Tawan berprofesi tukang las dengan tangan robotnya, foto diambil di depan workshopnya di Desa Nyuhtebel, Karangasem, Bali, 17 Januari 2016 Johannes P. Christo TEMPO.

Foto I Wayan Sutawan Iron Man Indonesia
I Wayan Sumardana alias Tawansedang mengelas sepeda di workshopnya

Foto I Wayan Sutawan Iron Man Indonesia
Lengan robotnya sangat membantu pekerjaannya mengelas di workshopnya.

Foto I Wayan Sutawan Iron Man Indonesia
Lihatlah rangkaian elektronik dan chip yang melingkari kepala Tawan yang fungsinya untuk menggerakan tangan robotnya.  

Foto I Wayan Sutawan Iron Man Indonesia
Bagian siku dari tangan kiri Tawan digerakkan oleh gear yang saling terhubung untuk membantunya bergerak saat bekerja. Berbekal kemampuannya dibidang elektronik, Tawan menyelesaikan tangan robotnya dalam waktu dua bulan, namun ia mengaku masih ingin menyempurnakan ciptaanya agar lebih mudah menggerakan jari tangan kirinya.

Foto I Wayan Sutawan Iron Man Indonesia
Foto Workshop Tawan. Pria lulusan Sekolah Teknologi Menengah (STM) ini bekerja sendiri dengan bantuan tangan robotnya untuk memenuhi kebutuhan hidup istri dan ketiga anaknya dengan mengelas dan mengumpulkan barang bekas.

Foto I Wayan Sutawan Iron Man Indonesia
Siap mendunia dengan puluhan ribu share : http://9gag.com/gag/aYexpZm?ref=fbp
facebook 9gag 18 Januari 2016 : https://www.facebook.com/9gag/photos/a.109041001839.105995.21785951839/10154409169221840/

Sekian  Foto-Foto I Wayan Sutawan Iron Man Indonesia, Semoga semakin mendunia setelah muncul meme di 9gag diatas.

Artikel Terkait

Foto-Foto I Wayan Sutawan Iron Man Indonesia
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email